Tuesday 29 October 2013

Wastafel Rusak, Belum Tentu Pipa PVC nya




Wastafel, bagian saluran air di rumah yang paling sering direnovasi. Mampet karena sisa bahan makanan adalah penyebab utama hal ini sering terjadi. Nah jika hal ini terjadi pada Anda, jangan terlebih dahulu membongkar pipa PVC, karena bisa jadi hal ini bisa Anda atasi secara alami.

Masalah wastafel yang mampet karena sesuatu hal (Sering sisa makanan), bisa terjadi setiap saat. Dan bagi sebagian orang, hal ini sangat menjengkelkan, sebelum pada akhirnya mereka memutuskan untuk membongkar saluran pipa.

Nah, seperti dikutip dari Kompas, sebelum memutuskan membongkar pipa PVC, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal yang dapat melancarkan kembali saluran air di wastafel. Mau tau caranya? Berikut diantaranya.

1.       Manfaatkan cairan pembersih. Produk ini umumnya mampu menghilangkan konsentrat penyebab kebuntuan karena sisa makanan, seperti lemak, sisa makanan, bahan plastik tipis dan sebagainya. Untuk melakukannya sangat mudah, yakni cukup tuang cairan pembersih ke lubang watafel, dan jangan lupa menggunakan sarung tangan. Setelah itu, segera tutup dengan tutup lubang, hal ini bertujuan untuk menghindari luapan uap asam dari pembersih.

2.       Kawat Spiral. Cara ini juga akan sangat ampuh untuk membersihkan kotoran membandel. Seperti sisa plastik pembungkus gula dan sebagainya. Untuk membersihkannya, Anda bisa langsung memasukkan kawat langsung ke lubang. Putar sedemikian rupa, sehingga kotoran yang menyumbat bisa terlepas.

3.       Ambil langkah darurat, caranya : bersihkan kotoran di permukaan lalu, genangkan air hingga setinggi ½ wastafel. Kemudian tutup lubang dengan kedua tangan, masing-masing tangan kanan menghadap kebawah dan kiri diatasnya. Tekan bagian lubang dengan tangan, lakukan berkali-kali, sehingga air mengalir sedikit demi sedikit. Ulangi cara ini sampai aliran lancar.

Cara sederhana ini biasanya akan sangat efektif dalam mengatasi penyumbatan di wastafel. Tapi solusi paling tepat adalah menggunakan material pipa yang berkualitas. Salah satunya produk Wavin Standard, atau Lite.

No comments:

Post a Comment