Thursday 3 October 2013

Memilih Pipa PVC Untuk Saluran Air Minum




Membuat saluran air minum bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara paling ekonomisnya tentu dengan menggunakan jenis pipa PVC. Eits, jika Anda memutuskan cara ini, ada baiknya Anda memilih produk yang tepat, tujuannya agar kesehatan tak terganggu karena masalah ini.
Saat ini, ada beberapa varian pipa PVC dari berbagai brand ditawarkan di pasar. Untuk keperluan pembuangan ringan, tentu hal ini tak akan menjadi banyak masalah, kecuali bahan yang buruk akan membuat investasi saluran Anda membengkak di kemudian hari. Lalu pertanyaannya, bagaimana jika hal ini didasarkan untuk kebutuhan air minum? Tak hanya investasi saluran, bisa jadi Anda memerlukan biaya kesehatan lebih karena pencemaran yang disebabkan oleh saluran pipa yang tidak higienis.
Untuk menghindari hal tersebut, tentu Anda harus jeli dalam memilih produk pipa yang tepat, khususnya untuk air minum. Banyak pipa untuk keperluan ini ditawarkan dipasar, beberapa diantaranya bahkan berstandar SNI, dalam penggunaan sebagai saluran air minum. Salah satunya pipa Wavin Save &Wavin Lok.
Menggunakan bahan aman bagi kesehatan kedua jenis pipa Wavin ini memiliki standar pipa yang dapat digunakan untuk kebutuhan penyaluran air minum. Hal ini tak bisa lepas dari bahan pembuatannya, Unplasticized Poly Vinyl khusus berkualitas.
Dalam pengaplikasiannya, produk SNI untuk air minum ini disambung dengan dua cara. Diantaranya dengan proses pengeleman secara konvensional. Gunakan pipa khusus yang tidak gampang mencair, sehingga dapat mencemari air yang dialirkan.
Cara lain adalah menggunakan teknik sambung ring karet z-joint. Cara ini lebih aman dan kuat, yakni digunakan dengan mengikat sambungan pipa secara plug-in. Selain lebih aman, dan membuat bahan tak mudah tercemari, cara ini juga membuat sambungan lebih erat, dan tahan bocor.

No comments:

Post a Comment