Tuesday 12 November 2013

Membuat Sendiri Fitting Pipa HDPE



Pipa HDPE

Selain membeli, dalam hal fitting atau aksesoris sambungan pipa HDPE bisa juga disiapkan atau di costum sendiri. Penanganan yang benar, dan perhitungan yang matang akan membuat kualitas sambungan memiliki kualitas tak ubahnya karakter pipa secara keseluruhan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan jika memiliki mesin penyambung (Welding Machine) sendiri. Selain menyambung pipa, alat ini juga dapat digunakan dalam pembuatan aksesoris fitting sesuai dengan keinginan. Dimana salah satu kekurangan dalam sistem perpipaan adalah mencari sambungan dengan bentuk yang diharapkan (diluar pakem sambungan pada umumnya).

Karena karakter pipa yang berkualitas dan lebih kuat membuat aksesoris pipa HDPE bisa digunakan atau dibentuk untuk sambungan atau aksesoris fitting. Lalu apa saja yang kira-kira dibutuhkan dalam hal ini?

Pertama-tama adalah skema, jenis sambungan apa saja yang Anda perlukan. Apakah nanti memiliki bentuk elbow, tee atau jenis sambungan costum yang lain. Setelah itu, Anda memerlukan materila pipa yang sama. Mulai dari diameter, terutama dalam hal PN (Presure Nominal) yang sama.

Karena perbedaan presure nominal akan berdampak signifikan pada kekuatan pipa. Jika saluran terdapat tekanan lebih besar dari jenis PN pipa yang digunakan untuk sambungan, bisa jadi bahan ini akan berumur lebih pendek.

Setelah skema dan material pendukung telah Ada, maka Anda bisa melakukan proses penyambungan. Caranya sangat sederhana, seperti halnya kita menyambung pipa HDPE pada umumnya dengan cara Butt Fusion Joint.

Selain lebih mudah dan bisa dicostum, cara ini akan membuat Anda menghemat banyak biaya untuk membeli fitting HDPE yang berkualitas. Namun tentu saja, jika hal ini dilakukan dengan teknik yang benar dan cara penyambungan yang disarankan.

Untuk melakukannya sangat mudah, caranya dengan memotong pipa batang menjadi bagian kecil, seprti yang diperlukan. Selanjutnya, bagian ini bisa disusun sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk seperti sambungan. Setelah itu, untuk merekatkan satu dengan yang lain, Anda bisa melakukannya dengan mesin Butt Fusion Joint.

Meski mudah, dalam membuat fitting secara costum sebaiknya Anda tetap memperhatikan beberapa hal. Seperti kebersihan ujung sambungan yang hendak disatukan, dan meratakan bagian tersebut sebelum disambung. Hal ini akan berdampak pada kualitas aksesoris tentunya, dan membuat saluran pipa HDPE Anda memiliki usia maksimal sesuai harapan.

1 comment:

  1. Ternyata bisa dibuat juga ya :)
    Berkunjung ke toko kami, Pipa HDPE tak perlu buat sendiri

    ReplyDelete