Friday 29 November 2013

Mengenal 3 Jenis Pipa PPR Wavin Tigris Green


Salah satu jenis produk Wavin untuk spesifikasi saluran air panas dan dingin adalah Pipa PPR Wavin Tigris Green. Seperti produk pipa yang lain, pipa jenis ini dapat dikenali sekilas dengan melihat warna hijaunya yang mencolok.

Bahan PPR sebagai bahan baku produk ini berasal dari Polypropylene Random. Bahan ini termasuk olahan material thermo plastic, dengan karakter special. Dalam hal ini, pipa memiliki sifat higienis, sehingga cocok untuk kebutuhan saluran air bersih. Tak hanya itu, bahan ini juga membuat pipa lebih tahan terhadap saluran air dingan dan panas bertekanan hingga tinggi.

Pada dasarnya pipa Wavin Tigris, tersedia dalam 3 varian yang bisa dipilih berdasar keperluan. Apakah jenis pipa air dingin bertekanan standar, bertekanan tinggi atau air panas bertekanan standard dan air panas bertekanan tinggi.

Dalam hal ini ketiga produk pipa PPR tersebut dibedakan menjadi 3 kriteria berdasarkan PN atau pressure nominal. Diamana untuk keperluan penyaluran air dingin tanpa tekanan, bisa digunakan produk dengan PN 10. Sementara untuk saluran air dingin bertekanan tinggi atau air panas, digunakan pipa ber-PN 16. 

Sementara untuk keperluan saluran air panas bertekanan tinggi, digunakan produk dengan PN 20.
Untuk mengenali ketiga jenisnya, kita dapat melihat strip di bagian pipa berwarna hijau ini. Diantaranya warna biru, untuk jenis pipa PN 10. Sementara untuk strip kuning untuk jenis pipa dengan PN 16. Sementara untuk jenis PN 20, strip yang mewakilinya berwarna merah.

Secara umum karakter pipa PPR Wavin Tigris memiliki keunggulan lebih baik ketimbang jenis pipa yang lain. Seperti kualitas internasional, dengan pengawasan material dan pembuatan langsung dibawah pengawasan Wavin NV Belanda.

Selain itu, bahan ini memiliki tingkat higienitas tinggi. Sehingga pipa jenis ini dapat digunakan untuk saluran air bersih, sampai air minum di bangunan dan instalasi umum yang lain. Menggunakan system ulir, aplikasi pemasangannya pun sangat mudah. Dan jika hal ini Anda anggap kurang kuat, Anda juga bisa menggunakan teknik mesin pemanas dalam hal penyambungan.

Wavin Tigris juga diproduksi dengan massa yang sangat ringan, sehingga mempermudah transportasi dan aplikasi pemasangan dilapangan. 

Dalam hal aplikasi saluran air panas, pipa jenis ini mampu menghantar panas dengan efektif, dengan nilai rambat sangat rendah. Sehingga cairan panas (Air) didalamnya tak akan mempengaruhi kualitas pipa diluar.

Seperti jenis pipa bersih yang lain, sifatnya yang higienis, membuat pipa jenis PPR Wavin Tigris ini sering digunakan di instalasi bangunan rumah sakit, hotel sampai rumah tangga. Dibanding pipa jenis PVC dan besi, jenis pipa ini memiliki karakter libih baik, diantaranya lebih kuat, lentur, memiliki tingkat keretakan rendan, dan yang pasti memiliki usia penggunaan lebih lama.

7 comments: