Tuesday 26 November 2013

Mengenal Wavin Tigris, Pipa PPR Higienis



Pipa PPR Wavin Tigris
Si Hijau yang baik untuk kesehatan, higienis dan tahan terhadap ancaman bahan kimia dari luar. Sebutan itu yang cocok untuk Pipa PPR Wavin Tigris, pipa higienis ramah lingkungan, ringan dan tahan terhadap benturan dan gempa.

Saluran air bersih, umumnya mutlak digunakan guna menunjang berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan. Sementara, banyak pipa yang bisa digunakan sebagai media penyaluran, namun tak semua pipa memiliki standar yang baik dalam hal penyaluran air bersih.

Salah satu jenis pipa paling direkomendasikan untuk instalasi air bersih gedung dan rumah sakit, adalah Polypropylene Random atau biasa dikenal dengan PPR. Berwarna hijau, pipa jenis ini sangat mencolok, dan memiliki karakter sebagaimana seperti yang diharapkan.

Dibanding jenis pipa yang lain, jenis pipa ini dikenal memiliki karakter yang pas untuk saluran air bersih. Karena diproduksi dengan material unik, dengan proses produksi sesuai dengan standar internasional, Wavin Belanda.

Dalam hal karakter pipa PPR Wavin Tigris Green memiliki karakter khas. Diantaranya mampu meredam kebisingan. Hal ini produk ini pada dasarnya dibuat dengan bahan baku PPR tipe 3, yang diproduksi khusus dengan kemampuan meredam kebisingan akibat Water Hammer, atau kebisingan akibat saluran air.

Selain dikenal sebagai pipa peredam kebisingan, jenis pipa ini juga dikenal dengan karakter ramah lingkungan. Karena jenis material PPR tipe 3 ini adalah bahan yang bisa didaur ulang dengan cara khusus, yakni dengan menggunakan incinerator (mesin pembakaran sampah plastik).

Instalasi pipa Wavin Tigris juga kerap dijumpai untuk instalasi rumah, restoran sampai rumah sakit. Hal ini dikarenakan pipa jenis ini bersifat tahan terhadap Bahan Kimia. Bahan yang elastis dan ringan juga membuat proses instalasi dapat berlangsung dengan mudah dan sederhana.

Dalam hal teknik penyambungan, ada dua varian yang bisa dilakukan untuk jenis pipa PPR, yakni media Heat Fusion dan Sambungan dengan aksesoris. Teknik Heat Fusion dilakukan dengan sistem yang tak jauh berbeda dengan cara yang digunakan jenis pipa HDPE Wavin Black. Caranya, ujung pipa dipanaskan dengan Welding Machine, setelah meleleh, proses penyatuan dan persenyawaan dilakukan, hal ini yang membuat pipa melekat dengan sempurna.

Jenis sambungan yang lain adalah dengan ulir, dalam hal ini menggunakan bantuan fitting.  Dibanding dengan cara sebelumnya, cara ini dapat dilakukan dengan sangat sederhana, tanpa memerlukan keahlian khusus. Karena dengan fitting, pipa dan aksesoris dapat disambung secara instan dengan cara diputar sampai erat.

Selain dikenal sebagai pipa higienis untuk air bersih, Pipa PPR juga dikenal dengan pipa yang tahan untuk saluran air panas dan dingin. Sehingga pemanfaatannya bisa digunakan untuk suhu tinggi dan rendah dalam satu saluran.
Material Properties Pipa PPR

No comments:

Post a Comment