Friday 1 November 2013

Rahasia Polyethylen di Wavin Black




Polyethylen atau dalam bahasa Indonesia Polietilen, bahan ini juga kerap dikenal dengan sebutan polietilen, adalah bahan plastik dengan sifat istimewa. Dalam aplikasinya sebagai bahan baku produk, bahan ini memiliki sifat lunak, transparan, fleksibel namun memiliki kekuatan lebih baik. Hal ini yang dapat kita jumpai pada sebagian besar produk pipa HDPE.

Disadari atau tidak, bahan polietilen pada dasarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dimana bahan ini sering digunakan untuk memproduksi kantong plastik, tempat makanan dan gelas plastik air mineral. Bahan yang kuat, lentur dan tak mudah terkontaminasi oleh residu diluar kemasan, membuat bahan ini lebih baik ketimbang jenis olahan plastik yang lain. 

Pemanfaatan plastik berbahan dasar Polietilen juga memberi banyak keuntungan, diantaranya sifatnya yang lebih tahan panas, hingga dibawah 70 derajat. Dan untuk sebuah material yang kuat, dibutuhkan kualitas bahan yang tak banyak, karena hal ini bisa dilakukan dengan material hanya setebal 0.001 sampai 0.01 inchi.

Bahan yang tak mudah rusak dan terkontaminasi membuat Polietilen paling sering digunakan sebagai plastik pembungkus makanan. Seperti untuk bungkus sayuran segar, buah dan roti. Untuk membedakan bahan ini dengan bahan yang lain sangat mudah, karena umumnya Polietilen memiliki ciri-ciri khas.

Diantaranya plastik tampak keruh dan transparan. Bahnnya yang lentur membuat plastik mudah dibentuk lemas dan mudah ditarik, namun dengan kekuatan luar biasa. Bahan Polietilen umumnya tak gampang meleleh, sehingga tak jarang bahan ini juga digunakan sebagai laminasi atau bahan lapisan bahan lain.

Persenyawaan yang baik membuat bahan ini juga memiliki sifat kedap air dan udara yang sangat baik, dan bisa bertahan pada suhu dingin sekalipun tanpa mengalami kerusakkan. 

Meski sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, bahan Polietilen juga kerap dijadikan bahan baku produk industri. Dalam hal ini, bahan yang digunakan adalah modifikasi Polietilen menjadi bahan berdensitas tinggi. Bahan ini biasanya akan mengalami perubahan fisik. Yakni warna menjadi pekat dan cenderung gelap. Dengan cara ini persenyawaan akan kian sempurna dan secara otomatis akan menambah kelebihan produk ini.

Bahan ini yang biasa digunakan Wavin untuk memproduksi pipa jenis PE-100, atau yang biasa kita kenal dengan istilah pipa hdpe. Dalam hal ini produk dengan brand Wavin Black.

No comments:

Post a Comment