Sunday 10 November 2013

Step by Step Butt Fusion Joint Pipa HDPE



Pipa HDPE

Menggunakan teknik sambung Butt Fusion Joint bisa jadi cara efektif dalam menyambung pipa HDPE. Kuat dan dilakukan dengan waktu yang singkat, adalah keistimewaan teknik sambung yang menggunakan Welding Machine ini.

Untuk memulai, siapkan alat penjempit dengan diameter yang telah disesuaikan dengan diameter pipa. Satu sisi akan ditempati, sementara sisi lain akan ditempati pipa atau sambungan yang akan disambung. Sebelum melakukan langkah selanjutnya, pastikan posisi pipa telah lurus dengan pipa atau sambungan yang hendak disatukan (Meski ujung keduanya tidak rata satu dengan yang lain.

Untuk meluruskan pipa agar sesuai dengan harapan biasanya teknisi akan memutar bagian pengait. Sehingg bagian pipa bisa naik dan turun sesuai dengan harapan. Tak perlu banyak orang, cara ini bisa dilakukan hanya dengan beberapa orang.

Setelah memastikan pipa dan bagian yang akan disambung terletak dengan sempurna, maka proses selanjutnya adalah pemotongan (perapian) bagian ujung pipa HDPE. Hal ini bertujuan meratakan ujung satu dengan yang lain. Cara ini akan meminimalisir rongga di sambungan pipa terjadi sangat kecil. Sehingga persenyawaan terjadi dengan sempurna.

Proses selanjutnya adalah pemanasan. Jangan terburu melakukannya, karena sambungan yang sempurna akan terjadi jika gangguan seminimal mungkin bisa diatasi. Dalam hal ini, bersihkan ujung pipa (Yang akan disambung) dari berbagai jenis kotoran. Baik dalam bentuk debu, pasir maupun cairan yang tak diinginkan.

Setelah memastikan tak ada kotoran yang menempel, Anda bisa melakukan proses pemanasan. Alat pemanas dalam teknik ini memiliki sistem pemanas ganda (Depan belakang). Yang fungsinya memanaskan bagian pipa satu dengan yang lain (Yang hendak disambung) dalam waktu yang bersamaan.

Cara ini biasanya berlangsung beberapa menit, tergantung pada diameter pipa yang akan disambung. Selain indikator waktu, metode ini juga dapat dilihat dengan melihat perubahan fisik pipa. Dimana bagian yang panas biasanya akan meleleh kedalam dan keluar.

Setelah dirasa cukup, alat pemanas akan diangkat, dan tak sampai 30 detik pipa harus segera di sambung. Proses ini biasanya dilakukan dengan daya dorong dari alat dengan tekanan tertentu dan dilakukan dalam beberapa menit.

Dalam tekni ini kesalahan harus diminimalisir seminim mungkin. Karena satu kali gagal menyambung, proses sambung berikutnya tak bisa dengan mudah dilakukan. Terutama jika terlalu lama pipa HDPE dibiarkan setelah proses pemanasan dilakukan. Jika ingin menyambung, maka proses pemanasan sekali lagi harus dilakukan.

No comments:

Post a Comment