Monday 4 November 2013

Kenapa Banyak yang Beralih Pipa HDPE? Ini Alasannya


Sebagai salah satu kebutuhan pokok, air sangat dibutuhkan demi menunjang kebutuhan manusia dimanapun mereka berada. Hal ini yang membuat saluran yang baik sangat diperlukan. Sayangnya, tak semua daerah memiliki kontur dan iklim yang bersahabat. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang kini beralih menggunakan pipa HDPE.

Sejak era tahun 1970, kebutuhan pipa ramah lingkungan banyak dikembangkan di beberapa daerah dengan revolusi industri yang maju. Seperti beberapa negara di Eropa dan Amerika. Hal ini yang kemudian membuat banyak pihak tertarik menggunakan bahan plastik untuk dimanfaatkan sebagai produk pipa.

Sayangnya, olahan plastik biasa tak mampu menjawab kebutuhan untuk saluran, terutama air bersih. Karena bahan yang kurang baik, hal ini sering berdampak pada penurunan kualitas hanya dalam beberapa waktu. Sangat berbeda saat kita menggunaka pipa besi dengan tingkat kekuatan yang lebih baik.

Tak mau menyerah, beberapa produk dengan bahan baku plastik kemudian diciptakan dengan harapan mendapat material plastik yang berkualitas untuk produk pipa. High Density Polyethylene, kemudian ditemukan sebagai material termo plastik dengan beragam kelebihan yang sifatnya tak kalah dengan pipa besi.

Bahan ini masih memiliki karakter plastik, meski kelebihan pada pipa besi dimilikinya. Seperti bahan yang berstruktur halus (Mencegah penyumbatan), material yang ringan, dan struktur yang fleksibel. Meski demikian, pipa dengan karakter ini memiliki kelebihan yang dimiliki oleh pipa besi. Yakni tingkat keretakan yang rendah, dan bahan yang tak akan berkarat. Sehingga pipa ini dalam penggunaannya bisa digunakan hingga usia pemakaian mencapai 50 tahun.

Di berbagai negara, baik di Eropa, Amerika sampai banyak negara tropis, pipa jenis ini sering digunakan karena sifat-sifat yang dimilikinya. Karena kelebihan diatas, jenis pipa ini juga kerap digunakan untuk proyek di kawasan dengan struktur tanah berbatu, bukit, gunung, sungai sampai laut.

Kebutuhan akan pipa HDPE juga kerap dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan saluran rumah tangga, bisnis menengah, perkebungan, pertambangan, saluran pipa bawah air (Laut dan sungai), sampai proyek-proyek kemanusiaan untuk saluran air bersih di berbagai negara dengan struktur kering dan panas.


Kebutuhan akan pipa jenis ini juga kerap dimanfaatkan di berbagai daerah. Hal ini tak bisa lepas dari karakternya yang cocok untuk daerah terlalu panas, terlalu dingin atau beriklim sedang. Proses penyambungan dengan teknik persenyawaan dan bentuk ukuran pipa yang beragam (Dari kecil sampai yang besar), membuat pipa HDPE menjadi pilihan pipa banyak orang di dunia.

No comments:

Post a Comment