Thursday 17 October 2013

Pipa Air Pun Jadi Dekorasi Kota di Berlin


Berbicara soal pipa air bersih, bisa jadi saluran air dan limbah adalah dua hal yang ada dikepala kita. Tapi apa yang terjadi di Berlin, Jerman tampaknya jauh dari itu. Meski melakukan kodratnya sebagai media penyalur, karena pipa kota ini setiap tahunnya didatangi para wisatawan.

Seperti kota besar lain di dunia, saluran pipa air, gas dan pembuangan menjadi bagian yang tak bisa lepas dari hiruk pikuk kota Berlin. Hanya saja, jika di kota lain bagian ini disembunyikan di dalam tanah dengan harapan tidak merusak pemandangan, di ibu kota Jerman ini justru sebaliknya. Pipa-pipa terinstal di atas permukaan tanah (bahkan lebih tepatnya di udara), dan mudah terlihat disana-sini.

Awalnya, tak jarang dari wisatawan akan bertanya, kenapa banyak pipa di tempat ini. Namun ide cemerlang kemudian muncul dari kebutuhan. Dimana digunakan warna khusus untuk menandari fungsi pipa besi tersebut. Seperti biru untuk saluran air minum atau cokelat untuk pipa yang bertugas menyalurkan limbah.
Keberadaan pipa warna-warni tersebut tak disangka menjadi berkah tersendiri bagi Berlin, dimana pemandangan tersebut kemudian menjadi hal yang tak bisa didapat di tempat lain. Hal ini yang membuat banyak wisatasan jauh-jauh datang untuk menikmati pemandangan tak wajar ini.

Tanah yang mudah bergerak dan ancaman gempa bumi adalah beberapa hal yang membuat kebijakan menanam pipa tak dilakukan didalam tanah. Sebagai gantinya, pipa-pipa dipasang dengan cara tak lazim, yakni membiarkannya mejuntai di jalan-jalan bebas.

Hal ini membuat dari kebutuhan menjadi kelebihan. Cara ini daoat mengisnpirasi siapa saja pemimpin kota untuk mempercantik kawasannya. Dari hal sederhana, tapi bermanfaat muncul sesuatu yang indah dimata wisatawan.

No comments:

Post a Comment