Tuesday 8 October 2013

Jalur-jalur Pipa Gas Terpanjang di Dunia (II)




Sambungan ....
Saat orang Indonesia kebingungan dalam konversi minyak ke tabung gas, di beberapa negara di dunia kebutuhan gas diaplikasikan dalam sebuah saluran khusus yang terhubung dengan pipa. Yang unik, jalur pipa khusus ini sengaja dipasang dengan jarak yang sangat pangjang, berikut jalur pipa gas terpanjang diantaranya.

  1. Di Kanada, terdapat beberapa instalasi pipa gas terpanjang di dunia, salah satunya pipa TransCanada. Panjang pipa ini membuat kota Alberta hingga Quebec, Kanada dengan jarak 3.307 terhubung satu dengan yang lain.
  2. Tak hanya didominasi negara-negara di benua maju, jalur pipa gas terpanjang didunia juga terdapat di Afrika. Sebuah jalur pipa, Trans-Sahara, dibangun dari Nigeria hingga Algeria, Afrika. Jarak kedua negara tersebut diperkirakan mencapai 4.127 kilometer.
  3. Selain itu, di Jerman juga terdapat satu lagi jalur pipa gas terpanjang. Kali ini jalur pipa milik Yamal-Europe. Jalur pipa ini menghubungkan Siberia hingga Jerman yang jika dihitung, jaraknya mencapai 4.197 kilometer.
  4. Jalur pipa gas terpanjang didunia yang lain adalah produk pipa GASUN. Instalasi pipa gas ini berada di Brazil dengan panjang lintasan sejauh 4.988 kilometer. Saking panjangnya, pipa ini terpasang dari Bolivia hingga ke Brazil.
  5. Pipa gas terpanjang di dunia berada di China. Perusahaan Pipa West-East, memasang instalasi pipa gas paling panjang sampai saat ini. Pipa yang terpasang menghubungkan Xinjiang hingga Shanghai, dan data mencatat panjang instalasi ini mencapai 8.700 kilometer.

No comments:

Post a Comment