Tuesday 15 October 2013

Wavin, Produsen Pipa HDPE Terbesar di Dunia


Berawal dari proyek coba-coba untuk memenuhi kebutuhan perpipaan di Belanda, Johan Keller akhirnya berhasil membangun cikal bakal salah satu perusahaan pipa terbaik di dunia. Berkat pengalamannya di perusahaan air minum, kini produk pipa Wavin mulai dikenal dan memberi banyak solusi saluran air di seluruh dunia.

Keberhasilan Keller dalam membuat produk pipa anti karat yang mampu mengalirkan kebutuhan air bersih kemudian didengar dunia. Dan dengan cepat, perusahaan independen Keller ber-ekspansi sangat cepat di tahun pertama bisnis mereka.

Langkah internasional Wavin pertama ditujukan untuk pasar Eropa. Dengan peningkatan permintaan tersebut, ekspansi perluasan pabrik dan kawasan produksi. Dimana pabrik ini akhirnya harus pindah dari Zwolle ke pabrik baru di Hardenberg.

Dalam setahun berselang, pabrik Wavin pertama di luar Belanda pun dibuka, tepatnya di Jerman. Menyusul masing-masing setahun setelahnya, pabrik yang sama juga dibuka di Denmark dan Irlandia. Sementara di Swedia dan Norwegia dibuka kantor pemasaran pada tahun 1958. Dan pada tahun 1961 Wavin Ltd membuka kantor penjualan di London, Inggris diikuti oleh fasilitas produksi di Liverpool.

Di Prancis, 3 tahun berselang, kantor yang sama juga dibuka, dan berkat bukanya cabang di berbagai negara ini, Wavin berhasil menguasai Eropa.

Pengembangan pipa berbahan dasar plastik kemudian banyak dikembangkan. Termasuk menciptakan material kusus dari thermo plastic. Hasil riset selama beberapa tahun kemudian menciptakan beragam produk wavin berkualitas. Salah satunya dari pipa hdpe ber-brand Wavin Black.

Beragam kebutuhan akan media saluran air bersih dan limbah kemudian banyak dikembangkan membuat Wavin hadir dengan produk-produk berkualitas. Seperti produk pipa ppr, atau jenis pipa PVC modern yang lebih tahan lama.

Saat ini, hampir setiap negara di dunia telah menggunakan produk terbaik dari Wavin. Dan berpusat di Zwolle Belanda, Wavin juga membuka cabang di 24 Negara lain di Eropa dengan 6000 karyawan. Hasil audit keuangan terakhir, perusahaan ini berhasil meraup keuntungan EUR 1,3 miliar di tahun 2011, hanya di Eropa. Alias tidak termasuk pemasukkan perusahaan di negara lain di dunia.

Sumber : WWW.SUPPLIER-PIPA.COM

No comments:

Post a Comment