Wednesday 9 October 2013

Instalasi Pipa PE Bawah Tanah, Ini Tipsnya




Meski dikenal dengan jenis pipa dengan karakter berkualitas, tapi dalam hal tertentu, instalasi pipa Polyethylene perlu penanganan khusus. Terutama dalam hal ini jika dilakukan dibawah tanah. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan usia penggunaan pipa semaksimal mungkin (Diatas 50 tahun).
Jika kualitas pipa terjaga, maka penggunaan saluran akan berusia seperti yang diharapkan. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis pipa, salah satunya jenis pipa pe. Dalam beberapa kasus, saat ditanam dibawah tanah, instalasi pipa sering dilakukan secara tanah. Sehingga tekanan dari atas tanah yang konstan kemudian akan merusak kualitas material pipa.
Nah, jika Anda berniat untuk melakukan hal ini, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa langkah antisipasi. Diantaranya menyiapkan material yang dibutuhkan, serta memperhatikan kondisi tanah dibawah pipa. 
Sebagai persiapan pertama, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kedalaman tanah. Untuk jarak aman instalasi jalan beban, lubang yang diperlukan biasanya mencapai 0,6 meter. Sementara untuk trotoar, taman dan sebagainya Anda cukup memerlukan lubang  0,5 meter.
Hal berikutnya, hindari bagian tanah yang keras dibagian bawah pipa. Batu, benda lancip, dan sebagainya harus dihindari untuk memaksimalkan usia pipa. Caranya, dengan melapisi bagian bawah tersebut dengan pasir, kurang lebih setinggi 0,1m.
Tutup bagian atas sisanya dengan pasir liat lembut, lalu ratakan. Dalam hal ini jangan lakukan dengan menggunakan alat berat. Ratakan dengan kaki atau benda lain yang lebih ringan, hal ini menekan risiko rusaknya pipa dibawah karena beban berat dibagian atas kurang lebih 75-100mm.
Setelah itu, gunakan sisa ruang dibagian atas untuk keperluan lain, dan pipa dengan instalasi seperti ini akan lebih aman. Sehingga usia penggunaan bisa bertahan hingga 50 tahun.

No comments:

Post a Comment