Sunday 29 September 2013

Mengenal Teknik Sambungan Pipa HDPE




Dalam aplikasinya sistem perpipaan terbaik, jenis pipa HDPE dikenal memiliki teknik penyambungan yang ramah lingkungan. Tanpa lem, sehingga proses penyaluran air bersih sampai air minum lebih aman minum pencemaran bahan kimia.

Proses sambung pipa hdpe pada dasarnya dapat dilakukan dengan 3 cara. Mechanical Joint, Butt Fusion, dan Electro fusion. Selain dilakukan berdasar ukuran pipa, ketiga kebutuhan teknik penyambungan ini dilakukan berdasar kebutuhan.

Teknik pertama adalah Mechanical Joint, cara ini biasanya menggunakan aksesoris fitting dalam hal penyambungan. Mechanical Joint dilakukan untuk jenis pipa berdiameter 20mm sampai 63mm. Cara penyambungannya sangat mudah, masukkan pipa ke ring penjepit, dan eratkan bagian drat hingga sambungan pipa tidak mudah bergerak (Kuat).

Jenis teknik sambung kedua adalah Butt Fusion. Cara ini biasanya dilakukan untuk jenis pipa berdiameter lebih besar, yakni diatas 63mm. Cara ini biasanya memerlukan bantuan alat, bernama Welding Machine. Tekniknya, pipa akan dipanaskan dibagian ujung (Yang akan disambung). Lalu setelah dipanaskan dalam suhu tertentu, pipa akan disambung. Bagian ini kemudian akan menyatu dengan senyawa yang sempurna. Hingga tak tampak sambungan dan bagian ini umumnya lebih kuat, bahkan dibanding karakter pipa secara keseluruhan.

Jenis teknik sambungan terakhir untuk jenis pipa HDPE adalah Electro Fusion. Jenis sambungan ini biasanya digunakan untuk penyambungan repairing. Teknik ini biasanya dilakukan dengan alat bernama electro fitting. 

1 comment:

  1. jual mesin penyambung pipa HDPE Butt fusion welding dan elektrofusion.& aksesories fitting HDPE.Info.Tel;021-44742899 / 081318186564

    ReplyDelete