Friday 27 September 2013

Tips Penyimpanan dan Penanganan Pipa PVC

Bahan yang mudah rusak membuat penanganan pipa PVC harus dilakukan dengan hati-hati (Foto: Wavin)

Menangani pipa PVC bisa jadi hal sederhana yang jika dilalaikan bisa berdampak kurang baik. Hal ini dikarenakan bahan yang mudah rusak terhadap benturan yang terjadi pada saat proses penyimpanan dan penanganan saat dibawa.

Beberapa hal harus selalu diantisipasi dalam hal menjaga agar pipa PVC tak berubah bentuk karena rusak. Hal ini pada dasarnya sering disebabkan karena beberapa hal, diantaranya cara membawa, menyimpan dan penanganan yang kurang tepat.

Dalam hal menyimpan pipa PVC, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan tempat yang aman dan tepat. Dalam hal ini perhatikan datar lantai, jangan miring atau tidak imbang. Hal ini dapat Anda lakukan sebagai antisipasi pipa agar tidak mudah bergeser. Saat bergeser, permukaan pipa umumnya akan tergores di lantai, hal ini yang pada akhirnya membuat permukaan pipa mudah rusak.

Selain menyiapkan tempat, jauhkan benda tajam yang dapat merusak permukaan pipa. Seperti pisau, gunting atau pecahan material batu, kaca dan sebagainya. Mengantisipasi hal terkecil biasanya dapat berdampak sangat besar. Karena sekecil apapun kerusakan bisa berdampak kurang menguntungkan pada permukaan pipa. Hal ini yang kemudian berdampak kurang baik pada usia penggunaan.

Untuk mempermudah proses pemindahan, sediakan ruang untuk mengangkut. Hal ini bisa dilakukan untum mempermudah proses pergerakkan orang dan forklift/pallet truck. Selain itu, tempatkan pipa sejauh mungkin dari bahan atau situasi yang dapat membuatnya rusak. Seperti mendekatkan pipa dengan sumber panas, hal ini akan mengakibatkan deformasi, yang pada akhirnya akan mengancam perubahan bentuk dari pipa. Selain itu, dan paling utama, jauhkan pipa dari tempat penyimpanan minyak atau lem. Kedua bahan ini biasanya dapat menyebabkan kerusakan sering terjadi pada pipa.

No comments:

Post a Comment