Thursday 19 September 2013

Pipa HDPE, Jenis Pipa Ramah Lingkungan



Pipa HDPE

Berbicara soal produk pipa, pasti tak lepas dari kualitas dan endurance. Beberapa jenis pipa sering menjadi perbincangan, dalam hal ini masalah kelebihan dan dan kekurangan masing-masing. Satu jenis yang kini sedang naik daun adalah pipa HDPE.

Diproduksi berdasarkan riset yang dilakukan sejak tahun 80an, jenis pipa yang satu ini seakan menjawab kekurangan dan memberi kelebihan diantara beberapa pipa yang terlebih dahulu ada, seperti pipa PVC dan jenis pipa besi.

Keuntungan pertama adalah fungsinya yang sangat baik untuk keperluan penyaluran sumber air bersih dan minum. Beberapa kelemahan yang tidak dapat ditolelir pada jenis pipa PVC adalah cara penyambungannya dengan menggunakan lem. Sementara meski hal yang sama tidak terjadi pada jenis pipa besi, tapi pipa jenis ini umumnya mudah sekali berkarat. Dan jika hal ini sudah terjadi, pasti sangat susah bagi kita untuk memastikan air yang dialirkan tetap bersih dari hulu hingga hilir.

Keuntungan pada jenis pipa HDPE adalah teknik penyambungannya yang ramah lingkungan dan aman dari bahan berbahaya. Sehingga pemanfaatannya dapat digunakan untuk penyaluran sumber air bersih, untuk keperluan mandi atau air minum.

Menggunakan teknik bernama Heat Fused Joints, cara ini dilakukan dengan cara memanaskan dan melelehkan bagian ujung pipa yang ingin disambung. Dengan cara ini, penggunaan bahan kimia berbahaya dapat diminimalisir, sehingga risiko pencemaran air bersih dapat ditekan seminim mungkin.

Selain itu bahan plastik khusus, High-density polyethylene (HDPE), membuas jenis ini sangat istimewa ketimbang jenis pipa plastik lain, seperti PVC. Jenis bahan ini umumnya lebih tahan terhadap segala cuaca, baik panas sampai dingin. Meski demikian, bahan ini umumnya mudah berubah menjadi licin saat berada di cuaca dingin. Kekutannya yang sudah terjamin membuat jenis pipa ini rata-rata memiliki usia penggunaan hingga 50 tahun.

Pipa HDPE juga aman dalam metode penyaluran limbah kimia nabati. Sehingga penggunaannya meminimkan risiko pencemaran lingkungan dan sangat cocok digunakan untuk keperluan perkebunan dan industri pertanian modern.

Seperti jenis pipa lain, harga pipa HDPE relatif terjangkau, dan sangat murah jika melihat dari kualitas yang didapat. Jadi saat memerlukan pipa dengan ketahanan yang lebih baik dan digunakan dalam jangka waktu panjang, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan jenis pipa yang satu ini. Terlepas dari harga pipa pvc yang lebih murah, namun kualitas dan elasitasnya masih kalah jauh dengan jenis pipa berbahan polyethylene.

1 comment: