Wednesday 18 September 2013

Benarkah Pipa PVC Lebih Murah dari Harga Pipa HDPE ?


Proses penyambungan pipa HDPE dilakukan dengan teknik khusus, tidak menggunakan lem. Sehingga aman bagi kesehatan (Foto: Istimewa)

Dalam hal harga meterial, harga pipa pvc jelas lebih murah ketimbang jenis pipa HDPE. Pertanyaannya, dalam jangka panjang, apakah hal ini masih tetap berlaku? Terlebih jika hal tersebut dipasang di kawasan Indonesia dengan kontur perbukitan dan tanah yang bergerak.
Masalah perpipaan sering menjadi kendala di berbagai proyek di Indonesia. Cuaca terik yang terlampau panas khas negara tropis, kontur perbukitan dan sebagainya, membuat tak semua pipa umumnya bisa bertahan lama.
Terlebih jika Anda menggunakan jenis pipa pvc. Bahan yang mudah rusak karena panas dan sebagainya, membuat bahan ini tak se-murah pertama kali Anda membelinya. Beberapa kendala sering muncul dalam hal ini, seperti bahan yang mulai retak-retak dan bocor. Hal ini yang membuat Anda harus memikirkan proses instalasi ulang yang umumnya membutuhkan biaya yang biasanya tak murah.
Pada dasarnya, usia rata-rata pipa pvc hanya berkisar tak lebih dari 5 tahun. Hal ini sering berumur lebih cepat karena beberapa faktor. Terutama lingkungan dan kendala benturan dari luar. Belum lagi faktor lain, seperti pengeleman yang menggunakan lem, membuat pipa pvc kurang disarankan karena faktor pencemaran yang tinggi.
Meski demikian, bagi instalasi limbah tak berbahaya, dan air bersih (bukan siap minum), penggunaan pipa pvc lebih efektif, karena risiko minim, terlebih jika terletak jauh dari faktor pembuat benda ini rusak. Seperti terpapar sinar matahari dan sebagainya.
Solusinya, jenis HDPE pipe, jenis pipa ini umumnya memiliki kekuatan lebih tepi tetap ramah lingkungan. Jenis pipa PE ini umumnya memiliki kelebihan antara pipa PVC dan besi. Dan yang istimewa, produk ini memperbaiki kelemahan keduanya.
Seperti, lebih aman terpapar sinar matahari, dan saat dingin pipa ini biasanya berstruktur licin. Jenis pipa ini juga didesain dengan bahan khusus dengan kekuatan hingga 50 tahun penggunaan. Bahan ini juga lebih aman terpapar limbah kimia nabati, sehingga penggunaannya lebih cocok digunakan untuk kebutuhan instalasi air bersih, perkebunan dan perindustrian ringan.

No comments:

Post a Comment