Monday 23 September 2013

Optimalkan Kegiatan Pertambangan dengan Pipa HDPE

Pipa HDPE


Tak hanya digunakan untuk instalasi penyaluran air bersih, kotor dan limbah, jenis pipa HDPE juga sering digunakan untuk keperluan tambang. Karakternya yang istimewa membuat jenis pipa ini sangat bagus dibanding produk pipa yang lain, berikut diantaranya.

Sejak pertama di kembangkan, jenis pipa polyethylene membuat hampir semua kegiatan instalasi penyaluran menggunakan pipa jenis ini. Kelebihannya yang dapat meng-cover jenis pipa lain, dan kelemahan yang minim membuat pipa jenis ini sangat menunjang kegiatan pertambangan.

Untuk pertambangan, ada beberapa kelebihan pipa dari bahan termo plastik ini, diantaranya kuat bebas karat. Seperti pipa besi, jenis pipa ini tidak mudah rusak, dan strukturnya lebih awet. Dan tak hanya itu, karena terbuat dari olahan plastik, jenis ini umumnya lebih tahan dan tak mungkin berkarat seperti pipa besi.

Selain itu, sistem pori-pori yang tertutup membuat jenis pipa ini minim mengalami rembesan, bahkan di bagian penyambungan. Karena disambung dengan teknik khusus dengan cara dipanaskan, bagian ini malah lebih kuat dan tahan bocor, bahkan jika dibandingkan dengan jenis pipa itu sendiri.

Kelebihan lain dari jenis pipa ini adalah bahannya yang halus. Hal ini yang kemudian membuat proses penyaluran pipa berjalan secara optimal. Bahan yang terbuat dari proses pembentukan yang sempurna, membuat jenis pipa HDPE biasanya lebih tahan pecah, bahkan saat terjadi ancaman pembekuan air didalamnya.

Satu hal lagi, jenis pipa dengan permukaan licin, membuat pipa HDPE tak mudah tertempel kotoran. Sehingga dalam hal perawatan, jenis pipa ini umumnya lebih mudah dibersihkan. Hal ini yang kemudian membuat pengusaha tambang lebih hemat biaya, dibanding saat mereka menggunakan jenis pipa besi atau PVC.

No comments:

Post a Comment