Sunday 22 September 2013

Mengurangi Dampak Rembesan Air Ornamen Batu Alam


Ilustrasi batu alam untuk ornamen dinding luar (Foto: Ist.)

Mengatasi dampak buruk dari laju air di bangunan rumah tak hanya terkait dengan instalasi pipa. Karena hal ini bisa diakibatkan oleh banyak elemen penunjang yang disadari atau tidak sering kita abaikan dan berdampak negatif sangat besar. Sehingga hal ini pada akhirnya membuat kita mengeluarkan dana lebih banyak dalam hal perbaikan. Berikut diantaranya.

Beberapa orang sering memadukan tampilan natural dengan bangunan modern untuk rumahnya. Hal ini sering diptimalkan dengan penggunakan jenis bebatuan alam yang digunakan sebagai ornamen eksterior rumah.

Awalnya mungkin akan terlihat bagus dan cukup berekstetika natural. Tapi tanpa persiapan cukup hal ini sering berakhir pada munculnya beragam masalah, terutama yang sering disebabkan oleh air. Karena pada umumnya, jenis batu alam memiliki tingkat porositas atau kemampuan menyerap air cukup tinggi.
Hal ini yang pada akhirnya sering berdampak kurang baik pada tembok. Selain muncul jamur dan lumut, tak jarang tembok bagian dalam sering terkena dampaknya, ditandai dengan munculnya rembesan air dan retakan dimana-mana.

Untuk itu, jika Anda hendak melengkapi ornamen rumah luar Anda dengan material ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah preventif. Langkah ini dilakukan sebelum Anda menempel bahan batuan alam, dan sering berdampak cukup signifikan dalam hal menanggulangi permasalahan air yang tak diinginkan.

Langkah pertama yang biasa Anda lakukan adalah memplester dinding bagian luar. Hal ini bertujuan melindungi tembok bagian dalam dari dampak kemasukan Air. Gunakan bahan berkualitas untuk hasil yang optimal. Langkah ini bisa Anda lakukan sebelum menempel batu alam sebagai bagian bahan eksterior rumah.

Selain plester bagian luar tembok dalam, dalam hal penggunaan semen, gunakan komposisi lebih banyak. Hal ini bertujuan menutup pori-pori agar air tidak mudah merembes. Lakukan dengan komposisi dan aplikasi tepat, hal ini akan menurunkan risiko buruk rembesan air yang tak diinginkan.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, Anda juga bisa menambahkan material waterproofing. Gunakan bahan ini untuk bahan dinding luar atau dinding bagian dalam. Hal ini akan membuat dampak rembesan air menjengkelkan tak terjadi di rumah Anda.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment