Tuesday 24 September 2013

Tips Memilih Pipa PVC untuk Buangan


Pipa PVC Wavin Lite untuk saluran buangan (Foto: Ist.)
Instalasi pipa buangan bisa jadi hal wajar yang ada di rumah sampai kegiatan perindustrian. Hanya saja, dalam hal pemilihan produk, hal ini tak bisa dilakukan dengan asal. Karena jika tidak, selain tidak efektif, hal ini juga akan berdampak pada keluarnya biaya lain-lain kelak.

Tak hanya mendesain jalur pipa untuk buangan, dalam hal instalasi pipa perusahaan atau rumah, perlu diperhatikan jenis produk yang akan digunakan. Karena hal ini sangat berhubungan dengan efektivitas pengeluaran biaya dikemudian hari.

Saat ini ada banyak pipa PVC yang ditawarkan dipasar dengan keunggulan dan harga yang bervariasi. Hal ini yang membuat Anda harus jeli dalam hal pemilihan jenis produk yang Anda gunakan. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan antara lain, kebutuhan saluran buangan tanpa atau dengan tekanan.

Jenis saluran buangan tanpa tekanan umumnya diaplikasikan dengan tidak menggunakan pompa. Hal ini biasanya digunakan pada saluran menurun yang dengan gravitasi, saluran air atau limbah bisa dialirkan. Dalam hal ini, jenis pipa PVC yang bisa digunakan umumnya produk dengan karakter khusus, seperti Wavin Lite. Pipa jenis ini umumnya lebih ramah lingkungan, efektif digunakan dan mudah dalam hal instalasi. Tak menggunakan lem, produk ini menggunakan bahan rubber ring joint untuk teknik penyambungan. Jenis pipa ini juga lebih tahan terhadap limbah kimia.

Sementara jenis lain adalah jenis saluran bertekanan. Biasanya jenis pipa PVC yang digunakan memiliki ketahanan lebih dibanding jenis pipa tanpa tekanan. Pipa Wavin Standard biasanya jenis pipa yang cocok dalam hal ini.

Mengetahui karakter pipa yang sesuai untuk kebutuhan tertentu saluran buangan bisa jadi langkah antisipasi untuk mengurangi biaya perawatan yang tak diinginkan. Oleh karena itu, selain jalur, kenali pula jenis pipa yang Anda butuhkan dalam hal ini.

No comments:

Post a Comment