Wednesday 18 December 2013

Material Pipa HDPE Membuat Produk Tahan Panas




Penggunaan material seperti pipaHDPE, membuat produk dengan bahan baku sama memiliki karakter tak mudah rusak dan lebih tahan panas. Hal ini yang juga sering kita jumpai pada beberapa produk, diantaranya produk kantong plastik.

Meski tak semua orang akrab dengan jenis produk pipa berbahan dasar HDPE, tapi sebenarnya bahan ini telah sangat akrab dan disadari atau tidak sering kita jumpai sehari-hari. Karena bahan yang sama sering digunakan untuk pembuatan kantong plastik.

Jika pada produk pipa, bahan HDPE sering membuat karakter produk berwarna gelap (Hitam), pada produk pipa, bahan ini juga kerap memberi karakter tersendiri. Sehingga saat pertama dilihat atau dipegang, hal ini sangat mudah untuk dikenali.

Diantaranya, kantong yang tidak berbau, tidak memiliki struktur berbintik dan yang pasti saat digunakan kantong tidak mudah jebol. Sehingga saat digunakan secara wajar, kantong plastik berbahan dasar ini tidak mudah jebol. Dan saat digunakan  sebagai tempat untuk benda hangat agak panas, bahan plastik ini sering cenderung lebih tahan.

Sifatnya yang tak gampang bereaksi dengan suhu panas, membuat jenis bahan HDPE lebih sering digunakan untuk beberapa produk makanan dan minuman ramah lingkungan dan sehat. Seperti tempat makan dan gelas plastik. Selain itu bahan ini juga sering digunakan untuk produk kesehatan lain berbahan dasar plastik yang pasti lebih ringan.

Sifat sederhana ini juga sering kita jumpai saat kita sering berhubungan dengan pipa HDPE. Selain kuat saat digunakan sebagai saluran air bertekanan, pipa jenis ini juga akan lebih aman bagi kesehatan. Karena bahan yang tak mudah bereaksi terhadap suhu panas dan dingin (dalam suhu tertentu).

Dari semua sifat dasarnya, jangan heran pipa dengan bahan dasar Polyetlene berdensitas tinggi ini lebih awet. Bahkan dibandingkan jenis pipa lain, seperti pipa besi apalagi pipa PVC. Karena dalam sebuah riset mengatakan, jenis pipa ini memiliki usia penggunaan hingga 50 tahun.

Bahan yang sama untuk kantong plastik juga membuat produk ini bisa digunakan berkali-kali. Dan jika digunakan dengan berat yang disarankan, plastik akan bisa digunakan dengan struktur yang tak jauh berbeda.

Selain untuk pipa, temapat makan minum, dan kantong plastik, secara umum bahan HDPE juga kerap bisa digunakan untuk beberapa produk. Seperti plastik pembungkus HDPE Roll. Produk ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti kantong sayur / buah-buahan, alat pembungkus dan sebagainya.

Karakter yang tak jauh beda juga kerap kita jumpai untuk produk pipa HDPE. Ringan tahan lama dan panas, serta memiliki usia penggunaan tinggi. Membuat pipa jenis ini kian banyak digunakan baik di industri dunia sampai nasional.

No comments:

Post a Comment