Tuesday 24 October 2017

Mengapa PVC-O Lebih Baik Ketimbang Pipa PVC?


Tak selalu Pipa PVC memiliki kualitas lebih buruk dari jenis pipa lain, seperti Pipa HDPE, PPE, atau pipa Besi. Karena dengan pengembangan yang sedemikian rupa, pipa PVC dapat memiliki karakter jauh lebih baik, salah satunya jenis PVC modern atau yang biasa kita kenal dengan Pipa PVC-O.

Tak banyak jenis pipa ini didapat di Indonesia. Karena sampai saat ini, pipa yang sudah mulai banyak dijumpai di Eropa ini baru masuk ke Indonesia oleh salah satu produsen pipa nasional, yakni Wavin Duta Jaya, yang memiliki basis laboratorium dari Belanda.

Pada dasarnya jenis pipa PVC jenis ini banyak dikembangkan jauh lebih baik dari saudara konvensionalnya. Yakni dengan menggunakan metode biaxially. Singkatnya, pipa ini disusun dengan penyusunan materi bahan yang intesif, sehinga lebih lentur dan tahan terhadap benturan. Karena hal ini, jenis PVC-O memiliki karakter jauh lebih lentur dan kuat dibanding jenis pipa UPVC.

Meski berbahan dasar sama dengan pipa PVC (UPVC) kebanyakan, tapi dalam pembuatannya PVC-O lebih dikembangkan dengan bahan Oriented Unplasticized Poly (Vinyl Chloride), atau disingkat PVC-O. Untuk kebutuhan mengalirkan air bersih, jenis pipa ini dapat digunakan karena memenuhi standar food grade.

Dalam uji lab, jenis pipa ini memiliki usia penggunaan lebih lama, bahkan 5 kali dari jenis pipa PVC biasa. Hal ini terbukti dengan tes jatuh. Dengan beban sampai 11 Kg, di ketinggian beberapa meter, PVC-O mampu bertahan dan mementalkan beban yang dijatuhkan. Hal berbeda dapat dilihat dari tes pipa PVC. Beban yang dijatuhkan serta merta menghancurkan sample pipa.

Pengaplikasian jenis pipa ini, terutama untuk jenis Wavin Apollo dapat dilakukan dengan cara sederhana. Karena pipa ini menggunakan jenis sambungan RRJ atau Rubber Ring Joint. Yang artinya tanpa alat, jenis pipa ini dapat disambung manual.

Untuk variasi sambungan, jenis pipa ini juga dapat menggunakan aksesoris fitting dari pipa lain, asal dengan ukuran SNI. Dalam hal ini Wavin Apollo dapat diaplikasikan dengan variasi sambungan pipa PVC Safe & Lok, yang memiliki ukuran standar SNI.

Dalam penggunaan saluran bertekanan, pipa PVC-O biasanya ditawarkan dengan beragam kebutuhan. Yakni, pipa jenis ini dapat digunakan sampai tekanan 16 bar. Yang artinya, selain untuk saluran ‘turunan’ jenis pipa ini dapat digunakan dengan pompa air sampai tekanan 16 bar.

No comments:

Post a Comment