Monday 25 August 2014

Ketentuan Roll pada Pipa HDPE

Mesin Sambung SHD 250

Meski memiliki karakter lentur, tapi tak semua jenis pipa HDPE dapat di roll. Berikut beberapa alasan, mengapa jenis pipa ini dalam diameter tertentu tersedia dalam bentuk batangan bukan roll 50 atau 100 meteran.

Bukan hal baru lagi, pipa HDPE meski berbahan dasar dari plastik, tapi memiliki tingkat kelenturan yang lebih baik. Ini sebabnya, jenis pipa ini dapat dijumpai dalam bentuk roll selain dalam bentuk batangan 6 meter / batang.

Namun tak semua jenis pipa HDPE tersedia dalam bentuk roll, karena satu dan beberapa alasan. Untuk jenis Wavin Black misalnya, produk PE-100 ini tersedia dari ukuran ½” sampai 24” berikut variasi tekanan 6,3 bar sampai 16 bar.

Untuk produk roll, biasanya ukuran kecil lebih mungkin tersedia. Karena untuk alasan keringkasan saat dibawa dan sebagainya. Produk wavin Black dalam bentuk Roll tersedia dalam ukuran ½” sampai 4”.

Hanya saja untuk ukuran 3” dan 4” tak semua produk tersedia dalam bentuk roll. Karena untuk produk bertekanan PN-10 ke atas, pipa ini baru bisa di Roll (50 atau 100 meter per roll). Untuk jenis pipa bertekanan sama dengan atau dibawah 8 bar, tidak tersedia dalam bentuk roll. Hal ini dikarenakan tebal pipa yang terlalu tipis, membuat proses rolling dapat meningkatkan risiko kerusakkan pipa.


Selain itu, untuk kebutuhan pengangkutan jarak jauh, untuk pipa ukuran 3-4” ber tekanan diatas 10 bar sebaiknya dipilih dalam bentuk batangan. Ini karena dalam bentuk roll, ukuran pipa akan sangat besar. Dan hal ini biasanya akan berpengaruh pada mahalnya biaya angkut (menggunakan kapal).

No comments:

Post a Comment